Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Pembuat Kopi Di Grabag, Magelang

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Pembuat Kopi Di Grabag, Magelang



Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Pembuat Kopi Di Grabag, Magelang - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Pembuat Kopi Di Grabag, Magelang


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di website Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Pembuat Kopi Di Grabag, Magelang, semoga ada gunanya.

0 comments