Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Coffee Maker di X Koto Singkarak, Solok

Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Coffee Maker di X Koto Singkarak, Solok


Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Coffee Maker di X Koto Singkarak, Solok - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Coffee Maker di X Koto Singkarak, Solok


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun kekhasan paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi dalam web Meracik Kopi Enak – Jual Mesin Coffee Maker di X Koto Singkarak, Solok, moga-moga bermakna.

0 comments