Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Coffee Maker Di Dau, Malang

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Coffee Maker Di Dau, Malang


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Coffee Maker Di Dau, Malang - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Coffee Maker Di Dau, Malang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di halaman Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Toko Online Coffee Maker Di Dau, Malang, semoga ada manfaatnya.

0 comments