Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Kedung, Jepara

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Kedung, Jepara



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Kedung, Jepara - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Kedung, Jepara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Kedung, Jepara, semoga bermanfaat.

0 comments