Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Bintan

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Bintan



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Bintan - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Bintan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di blog Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Bintan, semoga bermakna.

0 comments