Macam Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar

Macam Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar



Macam Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam halaman Macam Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar, semoga bermanfaat.

0 comments