Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Kolonodale

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Kolonodale



Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Kolonodale - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Kolonodale


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Kolonodale, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments