Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam web Khasiat Kopi Hijau Hannis – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat, semoga ada manfaatnya.

0 comments