Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sungai Rotan, Muara Enim

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sungai Rotan, Muara Enim


Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sungai Rotan, Muara Enim - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sungai Rotan, Muara Enim


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam halaman Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sungai Rotan, Muara Enim, moga-moga berpengaruh.

0 comments