Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi Di Pagerruyung, Kendal

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi Di Pagerruyung, Kendal


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi Di Pagerruyung, Kendal - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi Di Pagerruyung, Kendal


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Penjual Pembuat Kopi Di Pagerruyung, Kendal, semoga bermakna.

0 comments