Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Coffee Maker Di Kec. Bojongloa Kaler

Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Coffee Maker Di Kec. Bojongloa Kaler


Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Coffee Maker Di Kec. Bojongloa Kaler - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Coffee Maker Di Kec. Bojongloa Kaler


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi dalam website Macam Kopi Nusantara – Jual Mesin Coffee Maker Di Kec. Bojongloa Kaler, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments