Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Cilacap Selatan, Cilacap

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Cilacap Selatan, Cilacap



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Cilacap Selatan, Cilacap - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Cilacap Selatan, Cilacap


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Cilacap Selatan, Cilacap, semoga ada gunanya.

0 comments