Macam Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bajuin, Tanah Laut

Macam Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bajuin, Tanah Laut



Macam Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bajuin, Tanah Laut - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bajuin, Tanah Laut


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di blog Macam Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bajuin, Tanah Laut, moga-moga berguna.

0 comments