Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Coffee Maker Di Pulau Beringin, OKU Selatan

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Coffee Maker Di Pulau Beringin, OKU Selatan


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Coffee Maker Di Pulau Beringin, OKU Selatan - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Coffee Maker Di Pulau Beringin, OKU Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di web Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Coffee Maker Di Pulau Beringin, OKU Selatan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments