Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Manokwari

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Manokwari



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Manokwari - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Manokwari


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Manokwari, semoga ada gunanya.

0 comments