Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Situbondo

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Situbondo


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Situbondo - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Situbondo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun kekhasan paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di web Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan – Online Shop Pembuat Kopi di Situbondo, moga-moga ada gunanya.

0 comments