Meracik Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi di Kisaran

Meracik Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi di Kisaran



Meracik Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi di Kisaran - Biar semakin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi di Kisaran


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam blog Meracik Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi di Kisaran, mudah-mudahan bermakna.

0 comments