Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Buol

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Buol


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Buol - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Buol


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam website Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Buol, semoga bermanfaat.

0 comments