Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sindang Kelingi, Rejang Lebong

Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sindang Kelingi, Rejang Lebong



Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sindang Kelingi, Rejang Lebong - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sindang Kelingi, Rejang Lebong


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di web Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sindang Kelingi, Rejang Lebong, semoga bermanfaat.

0 comments