Meracik Kopi Hitam – Online Shop Coffee Maker di Karangjambu, Purbalingga

Meracik Kopi Hitam – Online Shop Coffee Maker di Karangjambu, Purbalingga


Meracik Kopi Hitam – Online Shop Coffee Maker di Karangjambu, Purbalingga - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Online Shop Coffee Maker di Karangjambu, Purbalingga


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Meracik Kopi Hitam – Online Shop Coffee Maker di Karangjambu, Purbalingga, semoga ada gunanya.

0 comments