Cara Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Dolok Pardamean, Simalungun

Cara Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Dolok Pardamean, Simalungun


Cara Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Dolok Pardamean, Simalungun - Meski makin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Dolok Pardamean, Simalungun


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam blog Cara Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Dolok Pardamean, Simalungun, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments