Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Coffee Maker di Wonorejo, Pasuruan

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Coffee Maker di Wonorejo, Pasuruan


Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Coffee Maker di Wonorejo, Pasuruan - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Coffee Maker di Wonorejo, Pasuruan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di blog Membuat Lulur Kopi Sendiri – Penjual Coffee Maker di Wonorejo, Pasuruan, moga-moga ada gunanya.

0 comments