Jenis Kopi Arabika Dan – Toko Pembuat Kopi di Muntok

Jenis Kopi Arabika Dan – Toko Pembuat Kopi di Muntok


Jenis Kopi Arabika Dan – Toko Pembuat Kopi di Muntok - Biar semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Toko Pembuat Kopi di Muntok


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam halaman Jenis Kopi Arabika Dan – Toko Pembuat Kopi di Muntok, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments