Kebaikan Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Sukamakmur, Bogor

Kebaikan Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Sukamakmur, Bogor



Kebaikan Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Sukamakmur, Bogor - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Sukamakmur, Bogor


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam blog Kebaikan Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Sukamakmur, Bogor, mudah-mudahan berguna.

0 comments