Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Simokerto

Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Simokerto


Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Simokerto - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Simokerto


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi di blog Jenis Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Simokerto, semoga ada gunanya.

0 comments