Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Medokan Semampir

Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Medokan Semampir


Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Medokan Semampir - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Medokan Semampir


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam website Jenis Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi di Medokan Semampir, mudah-mudahan bermakna.

0 comments