Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Madang Suku II, OKU Timur

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Madang Suku II, OKU Timur



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Madang Suku II, OKU Timur - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah paham karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Madang Suku II, OKU Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di website Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Madang Suku II, OKU Timur, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments