Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Toko Online Pembuat Kopi Di Rengat Barat, Indragiri Hulu

Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Toko Online Pembuat Kopi Di Rengat Barat, Indragiri Hulu



Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Toko Online Pembuat Kopi Di Rengat Barat, Indragiri Hulu - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Toko Online Pembuat Kopi Di Rengat Barat, Indragiri Hulu


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Takaran Membuat Kopi Kapal Api – Toko Online Pembuat Kopi Di Rengat Barat, Indragiri Hulu, moga-moga berguna.

0 comments