Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Jagir

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Jagir



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Jagir - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Jagir


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di web Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Jagir, semoga bermanfaat.

0 comments