Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Sempol, Bondowoso

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Sempol, Bondowoso



Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Sempol, Bondowoso - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Sempol, Bondowoso


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di blog Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Sempol, Bondowoso, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments