Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Magetan

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Magetan


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Magetan - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Magetan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Magetan, moga-moga bermanfaat.

0 comments