Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Miri, Sragen

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Miri, Sragen


Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Miri, Sragen - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Miri, Sragen


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam website Manfaat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Miri, Sragen, semoga ada manfaatnya.

0 comments