Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Wanayasa, Banjarnegara

Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Wanayasa, Banjarnegara


Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Wanayasa, Banjarnegara - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Wanayasa, Banjarnegara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Wanayasa, Banjarnegara, semoga berguna.

0 comments