Macam Kopi Asli Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Puger, Jember

Macam Kopi Asli Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Puger, Jember



Macam Kopi Asli Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Puger, Jember - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Puger, Jember


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam web Macam Kopi Asli Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Puger, Jember, semoga ada manfaatnya.

0 comments