Jenis Menu Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi Di Licin, Banyuwangi

Jenis Menu Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi Di Licin, Banyuwangi


Jenis Menu Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi Di Licin, Banyuwangi - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi Di Licin, Banyuwangi


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di website Jenis Menu Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi Di Licin, Banyuwangi, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments