Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batujajar, Bandung Barat

Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batujajar, Bandung Barat



Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batujajar, Bandung Barat - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batujajar, Bandung Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di blog Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Batujajar, Bandung Barat, moga-moga berguna.

0 comments