Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Jual Mesin Pembuat Kopi di Menggala, Tulang Bawang

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Jual Mesin Pembuat Kopi di Menggala, Tulang Bawang



Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Jual Mesin Pembuat Kopi di Menggala, Tulang Bawang - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Jual Mesin Pembuat Kopi di Menggala, Tulang Bawang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam halaman Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Jual Mesin Pembuat Kopi di Menggala, Tulang Bawang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments