Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Pembuat Kopi di Rungkut, Surabaya

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Pembuat Kopi di Rungkut, Surabaya



Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Pembuat Kopi di Rungkut, Surabaya - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Pembuat Kopi di Rungkut, Surabaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di web Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Pembuat Kopi di Rungkut, Surabaya, mudah-mudahan bermakna.

0 comments