Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Dumai Barat, Siak

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Dumai Barat, Siak


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Dumai Barat, Siak - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Dumai Barat, Siak


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Dumai Barat, Siak, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments