Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mangaran, Situbondo

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mangaran, Situbondo


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mangaran, Situbondo - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mangaran, Situbondo


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di web Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mangaran, Situbondo, semoga berguna.

0 comments