Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bajubang, Batanghari

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bajubang, Batanghari



Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bajubang, Batanghari - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bajubang, Batanghari


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam web Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bajubang, Batanghari, mudah-mudahan berguna.

0 comments