Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tandes

Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tandes



Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tandes - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tandes


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tandes, moga-moga ada gunanya.

0 comments