Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kadewan, Bojonegoro

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kadewan, Bojonegoro



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kadewan, Bojonegoro - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kadewan, Bojonegoro


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di website Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kadewan, Bojonegoro, moga-moga bermakna.

0 comments