Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker di Amurang

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker di Amurang



Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker di Amurang - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker di Amurang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di blog Langkah Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker di Amurang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments