Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Batang Kuis, Deli Serdang

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Batang Kuis, Deli Serdang


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Batang Kuis, Deli Serdang - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Batang Kuis, Deli Serdang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di blog Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Batang Kuis, Deli Serdang, semoga ada gunanya.

0 comments