Macam Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Air Hangat, Kerinci

Macam Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Air Hangat, Kerinci


Macam Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Air Hangat, Kerinci - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Air Hangat, Kerinci


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di blog Macam Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Air Hangat, Kerinci, semoga bermakna.

0 comments