Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, Kuningan

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, Kuningan



Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, Kuningan - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, Kuningan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam web Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, Kuningan, semoga berguna.

0 comments