Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Manyar, Gresik

Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Manyar, Gresik


Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Manyar, Gresik - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Manyar, Gresik


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam website Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Manyar, Gresik, moga-moga berguna.

0 comments