Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Pembuat Kopi Di Ranca Bungur, Bogor

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Pembuat Kopi Di Ranca Bungur, Bogor


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Pembuat Kopi Di Ranca Bungur, Bogor - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Pembuat Kopi Di Ranca Bungur, Bogor


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di website Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Pembuat Kopi Di Ranca Bungur, Bogor, semoga berpengaruh.

0 comments