Macam Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker Di Salopa, Tasikmalaya

Macam Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker Di Salopa, Tasikmalaya



Macam Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker Di Salopa, Tasikmalaya - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker Di Salopa, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan di web Macam Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker Di Salopa, Tasikmalaya, semoga bermanfaat.

0 comments